Ada Yang Lucu dari Kasus Century


Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menemukan cerita-cerita lucu dan tidak masuk akal saat melakukan audit investigasi lanjutan Bank Century.

Anggota BPK Taufiqurrahman Ruki mengatakan cerita-cerita lucu yang ditemukan salah satunya yakni saat mengidetifikasikan data penerima aliran dana Bank Century.

“Sewaktu kita mengidentifikasi pihak terkait, ada cerita-cerita lucu yang mengelus dada. Seperti waktu mengejar aliran dana Bank Century kepada pihak yang menarik dana besar diatas Rp 2 miliar. Ternyata alamat yang dituju hanya sebuah restoran kecil yang menyangkal telah menerima aliran dana,” papar Ruki.

Jadi, lanjut Ruki, data-data dari Bank Century tidak benar. Hal seperti ini menurut Ruki membuat auditor kesulitan untuk mengejar penerima dana.

Data profil nasabah yang kurang lengkap, sambung Ruki juga menghambat pemeriksaan BPK dalam menyusun costumer profiling.

“Selain itu, sebagian besar nasabah Bank Century tidak ingin diwawancarai. Karena mereka takut sama Pansus, takut dipanggil,” katanya.

BPK membutuhkan waktu yang tidak bisa singkat dalam audit investigasi lanjutan. Salah satunya untuk mengecek analisa RTGS dan SKN. “Itu cukup mumet, datanya ribuan. Namun kita akan terus berusaha melakukan audit secepatnya,” tandasnya.

%d blogger menyukai ini: