Beberapa Akibat Dari MEROKOK


no smoking

5,4 juta kematian yang berhubungan dengan merokok per tahun di seluruh dunia
Biaya penyakit yang berkaitan dengan merokok: US$96 miliar di Amerika Serikat saja.
PENYAKIT JANTUNG: Trombosis Koroner, Trombosis Selebri, Kegagalan Ginjal
KANKER: Kanker Paru-paru, Kanker Kerongkongan, Kanker Ginjal, Kanker Kandung Kemih
PENYAKIT PARU-PARU KRONIS: Emfisema, Bronkitis
STROKE
BAHAYA TAMBAHAN BAGI PEROKOK PASIF:
Kematian bayi mendadak, kelahiran prematur, sumbing bibir atau langit-langit, asma, bronkitis, infeksi telinga pada anak-anak.
– IMPOTEN
– PLUS LAINNYA…

LARANGAN MEROKOK MENYELAMATKAN HIDUP:

  1. Suatu studi oleh Lembaga Riset Pelayanan Umum PIRE mengatakan bahwa undang-undang antirokok yang ketat di Kalifornia saat ini akan dapat menyelamatkan lebih dari 50.000 jiwa di tahun 2010.
  2. Larangan merokok di tempat umum di Inggris mengurangi efek terhadap perokok pasif, yang terkait dengan kematian lebih dari 11.000 orang setiap tahun.
  3. Dengan adanya larangan merokok, Wales berharap untuk mencegah kira-kira 400 kematian prematur non-perokok setiap tahun.
  4. Bahkan orang yang berusia 65 tahun ke atas, menikmati manfaat kesehatan jika mereka berhenti merokok, dengan risiko kematian keseluruhan menurun hingga hampir 20% dan akibat kanker paru-paru turun 42%.
  5. Lebih dari 15.000 orang Skotlandia keluar dari kebiasaan merokoknya hanya dalam satu tahun negara itu memberlakukan larangan merokok.
  6. 80% orang Irlandia yang telah berhenti merokok setelah larangan merokok diberlakukan di sana mengatakan bahwa larangan merokok di negara itu sangat membantu mereka; dan 88% mengatakan larangan itu membantu mereka tetap tidak merokok.
  7. Kurang dari dua bulan sejak diberlakukan larangan merokok di ruang publik di Inggris, lebih dari separuh perokok yang disurvei mengatakan bahwa mereka telah mengurangi rokok yang dihisapnya secara signifikan.
  8. Di Selandia Baru, hukum larangan merokok telah mencapai sasarannya untuk mengurangi risiko dari perokok tangan kedua yang juga diharapkan dapat mengurangi biaya kesehatan, absen kerja, masuk rumah sakit, dan kematian yang berhubungan dengan tembakau.
  9. Di AS, Badan Pelayanan Kesehatan Mental dan Penyalahgunaan Zat Terlarang mengatakan bahwa penjualan rokok kepada anak di bawah umur telah mencapai angka terendah di seluruh 50 negara bagian.
  10. Mengikuti larangan merokok di tempat publik Inggris, penjualan rokok di negara itu berkurang 11,6% dalam sebulan.
  11. Walikota New York di AS Michael Bloomberg mengumumkan bahwa angka remaja merokok telah menurun 50% dalam enam tahun terakhir, yang pada akhirnya mencegah 8.000 kematian prematur.
  12. Jumlah perokok muda yang berusia 18 hingga 29 tahun telah turun hingga 30% di Victoria, Australia setelah ada pelarangan merokok di pub dan klub.
  13. Aksi Udara Bebas Rokok New Jersey AS telah mendorong para perokok untuk menghilangkan kebiasaannya seiring dengan berkurangnya kesempatan serta tekanan yang dihadapi perokok.
  14. Program penyuluhan mandiri yang berlangsung lebih dari satu bulan dapat membantu orang yang punya penyakit jantung untuk berhenti merokok menurut tinjauan penelitian yang dipublikasi.
  15. Jumlah perokok di Jepang telah menurun sejak tahun 1996, hingga mencapai yang terendah setiap tahunnya.
  16. Di AS, Program Anti-rokok Kalifornia telah melihat penurunan jumlah perokok sebesar 33% sejak dimulainya kampanye di tahun 1988.

LARANGAN MEROKOK berarti berkurangnya Sindroma Penyakit Jantung Koroner

  1. Studi yang dilaporkan oleh Asosiasi Jantung Amerika menunjukkan bahwa tingkat serangan jantung di Pueblo, Colorado, AS, menurun 27% setelah larangan merokok di tempat umum diberlakukan, sementara wilayah tetangga yang tidak ada larangan merokok tidak mengalami perubahan dalam tingkat serangan jantung.
  2. Roma, Italia mengalami penurunan kasus jantung koroner sebesar 11,2% di tahun pertama setelah larangan merokok di tempat publik mulai memberi efek.
  3. Hanya satu tahun setelah berlaku larangan merokok di tempat umum di Irlandia, angka sindroma jantung koroner menurun 11%
  4. Jumlah non-perokok yang mengalami serangan jantung berkurang lebih dari dua pertiganya setelah larangan merokok memberi efek baik di daerah Monroe, Indiana, AS.
  5. Ilmuwan di Universitas Glasgow melaporkan bahwa serangan jantung telah turun 17% di Skotlandia sejak larangan merokok di tempat umum tahun lalu.
  6. Para peneliti Israel melaporkan bahwa orang yang dapat berhenti merokok, peningkatan risiko dari serangan jantung mematikan dapat menghilang dengan seketika.
  7. Dewan Penelitian Medis di Norfolk, Inggris menunjukkan bahwa olah raga, minum lebih sedikit alkohol, makan banyak buah dan sayuran, serta tidak merokok dapat memperpanjang harapan hidup hingga 14 tahun.
  8. Lembaga Kesehatan Nasional di Prancis mengumumkan penurunan signifikan angka serangan jantung setelah adanya larangan merokok di negara itu, juga tercatat berkurangnya efek penghirupan asap oleh perokok pasif.
  9. New York, AS mengalami penurunan 8% dalam penerimaan pasien rumah sakit akibat penyakit infark miokard akut (lebih dikenal sebagai ‘serangan jantung’) setelah larangan merokok yang menyeluruh, yang artinya penghematan layanan kesehatan sebesar US$56 juta dalam satu tahun.
  10. Penerimaan pasien rumah sakit akibat serangan jantung akut pada usia di bawah 60 tahun turun 11% di wilayah Piedmont, Italia setelah diberlakukan larangan merokok di tempat umum tertutup.

LARANGAN MEROKOK berarti Lebih Sehat

  1. Data Survei Kesehatan Populasi Nasional menunjukkan bahwa perokok memiliki tingkat kondisi kronis yang lebih tinggi seperti bronkitis, asma, dan tekanan darah tinggi.
  2. Dalam studi yang dilakukan Lembaga Onkologi Eropa di Milan, Italia, perokok dua kali lebih mungkin tumbuh polip (tumor) di usus besar, terutama yang kemungkinan besar berkembang menjadi kanker.
  3. Bagi perokok aktif dan pasif dapat tumbuh kanker usus besar kira-kira 7 tahun lebih awal daripada non-perokok.
  4. Perempuan yang merokok dan memiliki susunan genetik tertentu memiliki risiko tinggi terkena kanker payudara menurut studi yang diterbitkan oleh jurnal Cancer Epidemiology, Biomarkers and Prevention.
  5. Non-perokok memiliki peluang lebih besar untuk tetap memiliki gigi hingga usia tua daripada mereka yang merokok.
  6. Untuk melindungi kesehatan dan keselamatan pelancong, Bulgaria telah melarang merokok di seluruh kereta.
  7. Menurut penelitian baru-baru ini di AS, mereka yang berhenti merokok dapat meningkatkan kualitas tidur nyenyaknya.

LARANGAN MEROKOK berarti Anak-Anak yang Lebih Sehat

  1. 700 juta anak – hampir setengah jumlah anak di dunia – menghirup udara yang tercemar rokok.
  2. Suatu studi terpercaya yang dipublikasikan oleh Lembaga Kehidupan dan Kesehatan Anak Universitas Bristol mengatakan, bayi dari wanita yang merokok selama kehamilan empat kali lebih mungkin menderita Sindroma Kematian Bayi Mendadak.
  3. Penelitian Universitas McMaster menghubungkan merokok saat mengandung dengan Sindroma Kematian Bayi Mendadak.
  4. Peneliti dari Univeritas Negara Bagian Michigan AS serta Pusat Penelitian Asma dan Alergi Tersembunyi di Inggris menunjukkan bahwa kebiasaan ibu yang merokok selama mengandung meningkatkan risiko asma pada beberapa anak.
  5. Penelitian Universitas Yale menunjukkan bahwa anak muda yang merokok, atau ibu yang merokok saat mengandung mempunyai risiko masalah pendengaran lebih tinggi dan masalah untuk memahami sesuatu.
  6. Penelitian di California, AS menemukan bahwa racun rokok di dalam mobil dapat dua kali lipat lebih tinggi tingkatannya daripada yang sebelumnya diyakini dan 60 kali lebih besar daripada yang ditemukan dalam rumah yang bebas-rokok. California telah melarang merokok di dalam mobil yang ada anak-anak di dalamnya.
  7. Merokok dan alkohol dapat merusak sperma, meneruskan gen yang telah berubah kepada bayi.
  8. Dr. Shakira Franco Suglia dari Sekolah Kesehatan Umum Harvard melaporkan bahwa anak-anak yang tinggal di lingkungan yang polusi udaranya tinggi, atau yang terpengaruh oleh orangtua yang merokok, memiliki skor lebih rendah dalam uji memori dan kecerdasan dibanding anak-anak yang tinggal di tempat berudara bersih.
  9. Anak-anak yang sering berada dalam lingkungan berasap rokok memiliki lebih dari tiga kali risiko terkena kanker paru-paru serta risiko yang lebih tinggi terkena masalah pernapasan lainnya di kemudian hari.

LARANGAN MEROKOK berarti Lingkungan Kerja yang Lebih Baik

  1. Hanya dalam dua bulan larangan merokok di Skotlandia, pekerja bar melaporkan hampir 33% berkurangnya penyakit pernapasan dan lainnya.
  2. Para pelayan bar yang tidak merokok di Irlandia melaporkan adanya peningkatan yang berarti dalam tes fungsi paru-paru dan pengurangan yang signifikan dalam simtom-simtom yang dilaporkan secara pribadi.
  3. Para pekerja restoran yang terpapar asap tembakau di tempat kerja lebih mungkin memiliki tingkat NNK yang berpotensi karsinogenik yang dapat dideteksi daripada mereka yang tidak terpapar.
  4. Non-perokok dalam lingkungan berasap rokok memiliki peningkatan kira-kira 20% dalam risiko terkena kanker paru-paru.
  5. Jumlah pegawai perokok pasif yang terpapar asap rokok dalam tingkat yang membahayakan turun 95% setelah larangan merokok di Skotlandia.
  6. Larangan merokok di tempat umum di Irlandia mengurangi 83% polusi udara di pub.

LARANGAN MEROKOK Baik untuk Bisnis

  1. Sejak larangan merokok di tempat umum di Inggris, 70% usaha melaporkan dampak netral atau positif.
  2. 59% restoran Afrika Selatan yang disurvei melaporkan tidak ada perubahan dalam pendapatan sebagai dampak larangan merokok, sementara 22% restoran melaporkan adanya peningkatan pendapatan.
  3. Dalam lima tahun sejak menjadi bebas rokok, penumpang maskapai penerbangan Aeroflot meningkat 15% dan dalam penerbangan ke AS, peningkatannya 25%
  4. Dalam laporan tahunan, Kepala Medis Inggris Liam Donaldson mengatakan larangan merokok di tempat umum akan menghemat kira-kira £2.7 miliar: £680 juta dihemat dengan memiliki tenaga kerja yang lebih sehat dan lebih efisien; £140 juta dihemat melalui berkurangnya hari sakit; £430 juta dihemat dari kehilangan produktivitas karena merokok selama bekerja; £100 juta dihemat dari biaya pembersihan yang berkaitan dengan merokok.

2 Tanggapan

  1. 30% orang di dunia meninggal karena merokok. berarti yg ga merokok resikonya jauh lebih besar dong. hahaha
    just kidding

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: